Pentingnya Melihat Peluang untuk Mengembangkan Usaha

Bagi pengusaha, pastilah selalu ada keinginan untuk mengembangkan usahanya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembangkan usaha adalah jeli melihat peluang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), peluang adalah kesempatan—yang baik jangan disia-siakan. Bila dikaitkan dengan usaha, maka peluang merupakan sebuah kesempatan dalam menjalankan serangkaian bisnis untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar dengan strategi-strategi yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Ada 2 faktor yang harus diperhatikan untuk menilai sebuah peluang—apakah itu baik atau tidak—yaitu:

  • Faktor Internal
    Faktor internal merupakan faktor yang bersumber dari dalam tubuh perusahaan itu sendiri. Faktor ini melingkupi untuk menganalisis apa saja kelebihan dan kekurangan suatu usaha. Jadikan kelebihan sebagai nilai lebih atau nilai jual yang diberikan untuk konsumen, dan jadikan kekurangan sebagai acuan hal apa saja yang harus diperbaiki.
  • Faktor Eksternal
    Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar perusahaan. Yang paling lazim adalah mencoba membuat analisis pesaing. Hal ini melingkupi apa saja kelebihan dan kekurangan pesaingmu, kemudian lakukan riset pasar apa yang konsumen sebetulnya butuhkan.

Dengan jeli melihat peluang untuk mengembangkan usaha, konsumen akan lebih banyak yang datang. Memang untuk mendapatkan konsumen yang banyak membutuhkan waktu, tapi dari analisis peluang kamu bisa pintar membaca kesempatan. Jika semua rencana sudah dipersiapkan dengan matang, maka kamu bisa dengan mudah mencapai tujuan sesuai dengan yang diinginkan.

Leave a reply

× Butuh Bantuan?