Pandemi Masih Belum Jelas, tapi Bisnis Ini Menjanjikan di Tahun 2021

Banyak pengusaha gulung tikar di masa pandemi ini. Berbagai macam sektor usaha ada yang kolaps hingga harus memangkas biaya operasional. Tentu efeknya berpengaruh pula pada pekerjanya. Bagi pekerja yang tidak diberhentikan mungkin harus bekerja dari rumah (WFH), walau ada beberapa yang masih harus bekerja dengan datang langsung ke tempat kerja. Dari statistik yang dihimpun oleh Badan Pusat Statistik (BPS), 39,09% pekerja mengaku telah menerapkan bekerja dari rumah sejak awal pandemi.

Untuk terus bertahan, maka mau tidak mau harus tetap menerima pemasukkan. Memang betul bahwa pandemi ini berefek untuk semua manusia. Untuk yang sebelumnya belum pernah mencoba berbisnis sendiri, atau yang sudah memiliki bisnis, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis yang diprediksi akan bersinar di tahun 2021.

Dilansir dari detik.com, Sri Mulyani, Menteri Keuangan Republik Indonesia, mengungkapkan bahwa bisnis kuliner akan bersinar di tahun 2021. Ia menjelaskan bahwa bisnis kuliner tidak menurun, hanya saja berbeda pembeliannya. Lebih lanjut, ia pun menyebut bila akomodasi hotel dan restoran, serta Event Organizer (EO) akan bergeliat di tahun 2021, dengan catatan EO harus mengkombinasikan suasana baru.

Tak hanya itu, Sri Mulyani juga menyebut bila usaha Coaching Clinic bisa menjanjikan di tahun 2021, walau hanya sebatas bersifat daring. Ia menganggap bila selalu suatu hal bisa membuat diri menjadi pribadi yang selalu positif, maka semangat tersebut bisa dikomersilkan

Namun sebelumnya, Sri Mulyani mengatakan bila aktivitas masyarakat bisa kembali menjadi normal secara bertahap bila vaksin sudah ada di Indonesia. Dan langkah yang bisa dilakukan saat ini adalah tetap menerapkan protokol kesehatan: Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak.

Leave a reply

× Butuh Bantuan?